Skip to content

Bupati Demak Pimpin Upacara Peringatan Hari Agraria

  • by

DEMAK – Bupati Demak bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan hari agraria dan tata ruang Nasional di halaman kantor BPN Kabupaten Demak, Senin (24/9). Dalam sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional yang dibacakan oleh Bupati Demak menyampaikan bahwa tema peringatan Hari Agraria Nasional tahun 2018 adalah “Tanah dan Ruang untuk Keadilan dan Kemakmuran”. Tema tersebut mengandung makna bahwa tanah dan ruang sebagai satu kesatuan utuh dapat memberikan keadilan dan kemakmuran dalam penggunaan, pemanfaatan, pemilikan untuk seluruh masyarakat, pelaku usaha maupun Negara.
Dalam upaya meningkatkan kualitas rencana tata ruang di Indonesia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional sudah meluncurkan Sistem Informasi Geografis Tata Ruang (GISTARU) yang memungkinkan setiap orang dapat mengakses rencana tata ruang yang berlaku secara nasional maupun yang berlaku disetiap daerah. Dengan terbukanya akses terhadap dokumen rencana tata ruang, diharapkan kesadaran masyarakat akan meningkat dan selanjutnya masyarakat berperan aktif dalam proses penyusunan rencana tata ruang dan pengawasan implementasinya.
Berkenaan dengan Legalisasi Aset Melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang jumlah bidang tanah seluruh Indonesia 126 juta bidang tanah diharapkan di tahun 2025 seluruh bidang tanah telah terdaftar. Untuk melaksanakan percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tersebut diperlukan optimalisasi penggunaan teknologi terkini, sejalan dengan modernisasi pelayanan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Kementerian ATR/BPN).
Dalam rangka mengurangi ketimpangan struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan tanah, pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan aset tanah dan penguatan hak masyarakat atas tanah/hutan adat, Pemerintah telah mencanangkan program Reforma Agraria. Berkenaan dengan permasalahan dan sengketa pertanahan yang dihadapi, perlu penanganan dan penyelesaian secara komprehensif, karena banyak kasus sengketa maupun perkara pertanahan sudah banyak yang berlarut-larut dan menyita waktu kita. Harapannya tentu dengan terdaftarnya seluruh bidang tanah melalui PTSL dapat mencegah terjadinya sengketa di kemudian hari.
Penerapan layanan terintegrasi ke dalam online single submission sudah kita mulai untuk layanan izin lokasi, pertimbangan Teknis Pertanahan, informasi Rencana Detil Tata Ruang dan pengaturan Zonasi. Dan ke depan, pihaknya berharap agar semua jenis layanan dapat dilaksanakan secara elektronik. Apa yang sudah ada saat ini harus terus ditingkatkan, baik dari segi kualitas layanan, juga dengan melakukan terobosan dan inovasi-inovasi.
Upacara tersebut diikuti oleh Forkopimda dan seluruh Pejabat, Staf serta Karyawan di kantor BPN Kabupaten Demak.
Acara peringatan hari agraria Nasional Tahun 2018 kali ini dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Natsir dan diserahkan kepada Kepala BPN Kabupaten Demak Murdo, A.Ptnh, MM. (Humas Demak)