Menu Close

Pembahasan Penutupan Afvour Di Desa Sumberejo Bonang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak

Senin 3 Pebruari 2020 bertempat di ruang rapat Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Demak dilakukan pertemuan kembali antara Dinas PUTARU yang dihadiri oleh Kepala Dinas PUTARU, Kasie O&P PSDA Dinputaru, Kepala UPTD Wilayah I beserta staff, Kepala Desa Kalikondang, Kepala Desa Sumberejo, Kepala Desa Sukodono, Kepala Desa Kembangan, Perwakilan Desa Karangrejo, perwakilan Polsek dan Babinsa, yang dimana sebelumnya pada hari Rabu 5 Februari 2020 sudah dilakukan pertemuan dengan persoalan adanya penutupan afvour di Desa Sumberejo Bonang dengan cara dihurug menggunakan tanah padas sehingga membuat saluran menjadi tertutup dan membuat dampak terjadinya genangan pada areal persawahan di Desa Kalikondang dan Katonsari Kec. Demak ± 30 Ha. Penutupan itu dikarenakan areal persawahan dan permukiman di Desa Sumberejo ±50 Ha sering tergenang air, yang dimana air tersebut merupakan buangan dari Desa Kalikondang.
Kegiatan pertama penyampaian kembali persoalan yang ada dengan dilanjutkan langsung peninjauan dilokasi bersama-sama. Dari diskusi yang telah dilakukan untuk mengatasi terjadinya genangan di area persawahan Desa Kalikondang mendapatkan solusi antara lain :
1. Afvour gandum yang berada di Desa Karangrejo dilakukan pembersihan dengan menggunakan dana swakelola oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melalui Bidang PSDA.
2. Air dari afvour gandum sementara dialirkan langsung ke sungai tuntang kontrak dengan menutup pintu air afvour gandum.
3. Saluran sekunder Kauman sementara mohon ditutup karena di hilir tidak membutuhkan air, adapun dibuka lagi sampai ada koordinasi lagi antara kepala Desa dengan Dinas terkait.
4. Semua kepala Desa yang terkait permasalahan tersebut dimohon untuk membuat proposal yang berhubungan dengan rehabilitasi/normalisasi Afvour Desa.
5. Pembangunan longstorage/embung di Ds Sumberejo Bonang.
6. Penambahan pintu pembuang yang ada di Blok Kali Sawi ke Kali Tuntang Kontrak, dimana yang awalnya hanya ada 1 pintu agar bisa ditambah sehingga pembuangan air ke kali tuntang kontrak bisa maksimal.

Demak, 3 Februari 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *