Menu Close

SOSIALISASI E-KINERJA TERKAIT TPP ASN DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN DEMAK

Kemarin Jum’at 03/07/2020 Telah dilaksanakan Sosialisasi aplikasi E-Kinerja oleh Setda Bag Orpeg bertempat di Aula Dinputaru Kab Demak, Ruang Bidang PSDA, Ruang Bidang TRBP, dan Ruang Bidang Bina Marga.

E-Kinerja adalah sebuah aplikasi atau sistem berbasis IT berupa website. E-Kinerja tersebut akan digunakan sebagai alat atau cara untuk memantau para ASN di lingkungan instansi pemerintah atau SKPD. Jadi bisa dikatakan juga bahwa E-Kinerja merupakan sebuah sistem terpadu yang digunakan untuk mengukur, menilai,mengawasi serta mengelola kinerja para ASN.


Video conference yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Bapak Singgih Setyono  pukul 07.45 WIB dari ruang kerjanya dan diikuti oleh seluruh OPD dilingkungan Kabupaten Demak. Semua pejabat struktural dan seluruh pegawai ASN yang ada di Dinputaru Kab. Demak.

Pembuatan dan penyusunan teknologi berbasis IT oleh BKN untuk memantau prestasi kerja para ASN tentunya bukan tanpa tujuan yang jelas. Di masyarakat sering terdengar penilaian negatif terhadap para pegawai negeri yang katanya hanya kelayapan pada jam kerja.

Tentunya dengan program E-Kinerja tersebut perilaku negatif ASN bisa dikurangi. Selain itu masih ada lagi beberapa fungsi dari E-Kinerja yang dibuat oleh BKN tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

  1. ▪ Mempermudah penilaian ASN baik oleh atasan, rekan kerja maupun oleh bawahannya.
  2. ▪ Mengukur tingkat performa dan kinerja ASN dalam melakukan setiap tugas yang diberikan oleh instansi atau SKPD.
  3. ▪ Memotivasi para ASN untuk bisa bekerja lebih baik dan berprestasi lebih tinggi dari yang lainnya.
  4. ▪ Sebagai indikator untuk menentukan gaji ASN berdasarkan pada nilai yang diperolehnya atau hasil kinerjanya.
  5. ▪ Mengurangi potensi terjadinya tindakan negatif yang mungkin bisa dilakukan oleh aparatur negara seperti pungli dan sejenisnya.
  6. ▪ Sarana untuk meningkatkan kualitas kerja ASN dalam melayani masyarakat.

Jika dilihat dari beberapa fungsinya di atas memang dengan adanya E-Kinerja akan sangat membantu pemerintah untuk mendapatkan ASN yang berkualitas unggul. Di samping beberapa fungsi dari E-Kinerja bagi instansi pemerintah, SKPD maupun bagi para ASN yang telah dijabarkan secara singkat di atas masih ada beberapa manfaat lain yang bisa diambil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *