Menu Close

FGD Forum Peduli Sungai

FGD Forum Peduli Sungai

Daerah Aliran Sungai (DAS) mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting untuk menopang kelangsungan makhluk hidup di sekitarnya. Selain fungsi hidrologis, DAS juga berperan dalam menjaga keanekaragaman hayati di dalamnya, nilai ekonomi, budaya, transportasi, pariwisata dan lainnya.

Kerusakan DAS dapat mengakibatkan menurunnya kualitas air sungai. Terjadinya pencemaran yang diakibatkan oleh erosi dari lahan kritis, limbah rumah tangga, limbah industri, limbah pertanian, dsb. dapat menurunkan fungsi DAS.

 

Dalam pengeloaan DAS, unsur manusia merupakan komponen yang paling penting, utamanya dalam upaya konservasi DAS. Diperlukan komitmen dan kerjasama yang baik menjaga dan melestarikan fungsi DAS dari semua pihak, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. Fenomena bangunan liar, buang sampah di sempadan sungai, sedimentasi, dsb. yang ada di Kabupaten Demak tidak cukup hanya diatasi oleh pemerintah melalui dinas terkait saja, tetapi harus juga mendapat dukungan dari semua pihak, utamanya masyarakat sekitar. Keterlibatan para pemangku kepentingan (stakeholders) tersebut diharapkan dapat membangun rasa memiliki, memanfaatkan secara arif, dan memelihara sumberdaya air secara bersama-sama.

 

Pada kenyataannya, peranserta masyarakat tidak muncul dengan sendirinya. Untuk menumbuhkan perhatian, kesadaran, dan dukungan dari masyarakat diperlukan adanya inisiasi, mediasi, motivasi dan advokasi oleh orang-orang yang memiliki komitmen tinggi dalam pengelolaan, pemeliharaan, pelestarian dan pendayagunaan DAS. Hal inilah yang menjadi dasar perlunya dibentuk Forum Peduli Sungai di Kabupaten Demak.

Demikian antara lain, intisari dari hasil pembahasan dalam FGD (Foccus Group Discussion) Forum Peduli Sungai yang dilaksanakan di Dinputaru Kabupaten Demak pada Jum’at, 21 Juni 2019. Acara ini diikuti oleh para pemerhati, relawan, pegiat DAS lintas sektor di Kabupaten Demak. Hadir menghantarkan acara ini, Amir Mahmud, Sekretaris Dinputaru, dilanjutkan diskusi yang dipandu oleh Mahiswara Winiarti, ST, Kabid PSDA, dan Ari Wibowo, ST, Kasi Pertambangan dan Energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *