Menu Close

SELURUH ASN MENGIKUTI DETIK-DETIK PROKLAMASI DI ISTANA NEGARA

Pukul 10.00 pagi, Ir.Soekarno membacakan teks proklamasi di Jalan Pengangsaan Timur no.56 (sekarang Jl.Proklamasi) untuk pertama kalinya. Memproklamirkan kemerdekaan Indonesia atas penjajahan Jepang yang disambut sorak sorai orang-orang di sepanjang jalan. Begitu sekilas catatan peristiwa yang terjadi 75 tahun lalu, hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari ini, Senin, 17 Agustus 2020, sejarah baru tertoreh. Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, dilakukan secara virtual.
Sebelum Teks Proklamasi dibacakan acara di isi dengan berbagai tarian yang memakai baju adat sesuai daerah masing-masing dan  diiringi lagu-lagu Daerah hingga menjelang pembacaan Teks Proklamasi dibacakan.

Dengan sikap berdiri tegak sempurna seluruh ASN mendengarkan Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang di bacakan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Detik-detik proklamasi adalah saat pembacaan naskah proklamasi yang asli. Sebelumnya didahului oleh bunyi sirine dan dentuman meriam 17 kali.

 

 

Namun, berpedoman dari salah satu kata-kata terkenal Soekarno, “tidak ada satu negara yang benar-benar hidup jika tidak ada seperti kuali yang mendidih dan terbakar, dan jika tidak ada benturan keyakinan di dalamnya”. Dirgahayu Republik Indonesia. Indonesia Maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *