Menu Close

APEL PAGI DALAM RANGKA HARI BATIK NASIONAL 2 OKTOBER 2020

Jum’at 02/10/2020 pagi yang ceria di jam 07.30 Wib ini dilaksanakan apel pagi di halaman Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Demak,ada yang berbeda dari biasanya karena di hari ini memperingati Hari Batik Nasional maka seluruh karyawan-karyawati mengenakan seragam batik hijau ciri khas Kabupaten Demak.Apel pagi dipimpin oleh Bapak Budiharjo ST Sekretaris Dinperkim Kabupaten Demak.

Hari Batik Nasional merupakan hari perayaan Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 lalu oleh UNESCO.Oleh karenanya setiap tanggal 2 Oktober dirayakan sebagai hari batik. Di hari itu juga, orang Indonesia disarankan untuk memakai batik.

Bagi orang Indonesia, batik sudah tak lagi asing. Selembar kain batik tak cuma indah dipandang, tapi juga menyimpan sejarah panjang di baliknya, dari budaya, perseteruan, tingkat kehormatan, sampai akhirnya diakui PBB.Batik pertama kali diperkenalkan ke dunia oleh Presiden ke-2 RI Soeharto saat menghadiri konferensi PBB. Sebelumnya dia juga kerap memberikn batik sebagai oleh-oleh untuk tamu negara.Setelah itu, batik didaftarkan untuk mendapat intangible cultural heritage di UNESCO pada 4 September 2008 lalu.

Perjalanan panjang itu pun baru berbuah pada 9 Januari 2009 di era pemerintahan Presiden SBY. Batik diterima secara resmi oleh UNESCO, kemudian baru dikukuhkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi usai sidang ke-4 UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Menyambut baik hal tersebut, Pemerintah Indonesia menerbitkan Kepres No 33 Tahun 2009 yang menetapkan hari Batik Nasional juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia. Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri Hadi Prabowo menandatangani Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *