Menu Close

Pembangunan Flyover Ganefo Sebagai Solusi Kemacetan di Mranggen Akan Dilaksanakan Tahun 2020

Jalan Semarang – Purwodadi merupakan bagian jalur lintas tengah Provinsi Jawa Tengah yang merupakan jalan utama penghubung antara Kota Semarang – Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan, di sepanjang jalan ini terdapat perlintasan kereta api sebidang yang sering menyebabkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas yaitu Perlintasan Kereta Api Ganefo Mranggen Kabupaten Demak. Hal tersebut melatarbelakangi Pemprov Jawa Tengah untuk segera melaksanakan Pembangunan Flyover Ganefo sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan jalan, sehingga penguna jalan menjadi lebih aman dan nyaman.

Pembangunan direncanakan akan dimulai pada tahun 2020 dengan masa pelaksanaan selama 18 (delapan belas) bulan dan diperkirakan selesai pada tahun 2021. Tahun 2019 ini dilakukan proses penuntasan review desain, andalalin dan pembebasan lahan, sementara proses perencanaan sudah dilaksanakan sejak tahun 2016.

Rapat Koordinasi antara Pemprov Jateng dan Instansi Pemerintah Kabupaten Demak rutin dilakukan demi kelancaran kegiatan tersebut, seperti dalam rapat tanggal 25 Juni 2019 bertempat di Dinas Bina Marga Ciptakarya Prov. Jawa Tengah yang dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Cipta Karya Jateng, Hanung Triyono, dengan peserta rapat Kepala Bidang Pelaksana Jalan Wilayah Timur Dinas PUTARU Kab. Demak, Bappeda Litbang Kab. Demak, Satpol PP Kab. Demak, Dinas Perhubungan Kab.Demak, dan PDAM Kab. Demak.

Segenap Instansi yang terkait siap mendukung pelaksanaan pembangunan Flyover ganefo, terkait pemindahan jaringan pipa PDAM, pemindahan lampu penerangan jalan umum, dan pemindahan rambu lalu lintas di lokasi kegiatan agar masyarakat dapat tetap mendapatkan layanan air bersih dan penerangan jalan umum yang baik selama kegiatan berlangsung. (Kusumaningtyas-bm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *