Menu Close

ANTISIPASI KEKERINGAN DAN MONEV LTT KABUPATEN DEMAK

Antisipasi merupakan perhitungan/pendapat yang terbentuk sebelumnya mengenai sesuatu yang belum terjadi. Memasuki musim kemarau antisipasi menghadapi kekeringan perlu dipersiapkan khususnya untuk sumber air yang digunakan tanaman pertanian. Melanjutkan kegiatan Rakor Mitigasi Kekeringan yang dilakukan bersama Kementerian Pertanian pada hari senin tanggal 8 Juli 2019 yang bertempat di Gedung F Kementerian Pertanian. Dinas Pertanian Kabupaten Demak mengadakan kegiatan Antisipasi Kekeringan dan Monev LTT Kabupaten Demak yang dilakukan pada hari Rabu tanggal 24 Juli 2019 bertempat di Aula Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Demak. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 – selesai, dengan pembukaan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Demak.

Kegiatan berlangsung dengan adanya diskusi dan Tanya jawab. Dari hasil tersebut didapatkan kesimpulan pada Kecamatan Wedung sebanyak 3894 ha standingcrops (rawankekeringan), untuk menunjang agar tidak terjadi kekeringan terdapat avour kali lobang sebagai sumber air yang bersumber dari klambu kiri. Dengan harapan Waduk Kedungombo untuk daerah wedung yang awalnya ditutup pada tanggal 10 Juli 2019 dapat diundur sampai tanggal 25 Juli 2019. Wilayah Kecamatan Bonang mengharapkan pembangunan bending karet kembang arum segera terealisasi karena berperan sangat dalam mengantisipasi kontaminasi masuknya air laut ketika memasuki musim kemarau dan sekaligus sebagai persediaan air baku di wilayah tersebut. Di Kecamatan Guntur dalam pemanfaatan bendungkaret Wonokerto dapat mengairi beberapa desa dengan metode pompanisasi. Kecamatan Karanganyar mengharapkan Balai Pusdataru Seluna dapat menambah pembukaan pintu atau menambah debit air untuk mengairi desa Ketanjung. Selain itu ada beberapa di daerah yang memanfaatkan pompa air dengan bahan bakar gas elpiji 3 kg untuk menaikan air yang dibutuhkan tanaman dari sungai wulan ke areal persawahan.

Dinas PUTARU yang membidangi sumber daya air, akan mengkoordinasikan dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana, himbauan dari Kepala Dinas PUTARU Kab. Demak agar pemanfaatan air lebih hemat dan tidak bersifat pemborosan mengingat musim kemarau prediksi dari BMKG tahun 2019 terjadi kemarau panjang dengan puncak kemarau diprediksi terjadi pada bulan Agustus. Dan menurut PSDA Seluna bahwa pengeringan sudah disepakati pada tanggal 15 Juli 2019 dan pembukaan kembali untuk masa MT I periode tahun 2019/2020 pada tanggal 1 September 2019. Serta untuk memperkuat surat usulan pembangunan bendungkaret di Bonang dapat dibuat dengan surat dari Bupati atau Setda langsung supaya lebih kuat. (–PSDA_OP_SN–)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *