Menu Close

RAPAT KOORDINASI MITIGASI KEKERINGAN

Mitigasi merupakan suatu  upaya  yang  dapat dilakukan untuk mengurangi atau menghapus kerugian dan korban yang terdampak akibat bencana dengan cara membuat persiapan sebelum terjadinya bencana. Sedangkan kekeringan merupakan kondisi keadaan kekurangan pasokan air pada suatu daerah dalam masa waktu tertentu/ panjang yang akan mempengaruhi kebutuhan air, baik untuk kebutuhan hidup pertanian, kegiatan ekonomi dan lingkungan.

Kementerian Pertanian melaksanakan koordinasi bersama dengan instansi terkait pada Hari Senin, 8 Juli 2019 pukul 08.00 – 16.00 WIB bertempat di Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian Jl. Harsono RM No.3 Ragunan, Jakarta Selatan dalam Rangka Mitigasi dan Adaptasi Kekeringan serta menyusun Strategi Penambahan Luas Tanam padaMusim Kemarau. Instansi terkait yang diundang dalam rapat meliputi 100 Kepala Dinas Pertanian Bidang Tanaman Pangan dan 100 Kepala Dinas Pekerjaan Umum untuk workshop Mitigasi,dan 30 Kepala Dinas Pertanian Bidang Tanaman Pangan untuk workshop Optimalisasi Lahan Rawa.Peserta juga dihadiri oleh TNI dari masing-masing Kabupaten sebagai bentuk pelaksanaan Tugas TNI berdasarkan UU RI No. 34Tahun2004. Dalam kegiatan dibentuk forum diskusi masing-masing Kabupaten dengan dipandu oleh moderator dari tim Kementerian Pertanian bersama-sama membicarakan permasalahan yang ada di Kabupaten Demak dengan adanya kekeringan.

Permasalahan yang ditimbulkan akibata danya kekeringan lahan pertanian padi rawan kekeringan seluas 1783 ha yang masih masuk Padi MT II, Kabupaten Demak tidak memiliki sumber mata air sedangkan sumber air yang ada berada di waduk kedungombo dan rawa pening yang berada di luar Kab. Demak serta kedua waduk tersebut merupakan kewenangan dari BBWS Pemali Juana. Sehingga untu k mengatasi hal tersebut Kepala Dinas PUTARU Drs. Doso Purnomo yang diwakili Kabid Bidang PSDA Mahiswara Winiarti, ST akan melakukan gilir giring pasokan  air  yang  ada  dan akan  berkoordinasi dengan BBWS Pemali Juana agar penutupan Waduk Kedungombo sebagai salah satu sumber air dapat diundur 10 hari. Selain hal tersebut untuk mengatasi atau mencegah dampak kekeringan diluar kebutuhan air untuk tanaman perlu dilakukan Rapat Mitigasi Kekeringan di Kabupaten dengan mengundang OPD terkait serta perwakilan dari Kecamatan, Kepala Desa, TNI dan Polisi. (– PSDA_WN )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *