Menu Close

Demak Smart City, Prioritas Kebijakan 2020

Sesuai agenda RPJMD Kabupaten Demak tahun 2016-2021, pada tahun 2020 yang merupakan tahun keempat pelaksanaan RPJMD, prioritas kebijakan diarahkan pada terwujudnya Demak sebagai Smart City. Demikian antara lain isi sambutan pengarahan Wakil Bupati Demak, Drs. Joko Sutanto pada Rapat Koordinasi Penyusunan Program Pendukung Smart City yang diikuti perwakilan dari semua OPD di Ballroom Wakil Bupati, Selasa, 2 Juli 2019.
Ditambahkannya, dalam pelayanan publik saat ini, ASN di Kabupaten Demak harus mengasah kepekaan dan kemampuan untuk dapat memberikan layanan yang mudah, cepat, tepat dan akurat kepada stakeholders. Penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat harus makin efisien, efektif, dan transparan. Pemanfaatan teknologi informasi walaupun bukan satu-satunya, tetapi menjadi faktor pendukung (enabler) yang penting dalam mewujudkan Demak Smart City. Oleh karena itu kita patut berbangga dan harus dipersiapkan sebaik-baiknya, Demak telah ditunjuk sebagai salah satu daerah yang masuk “Program 100 Smart City” yang digagas oleh Kementerian Infokom.
Dalam materi paparannya, Sekretaris Daerah Kab. Demak, dr. Singgih Setyono, M.Kes menyebutkan, bahwa untuk menuju Demak Smart City tersebut program-program pembangunan harus difokuskan dalam mengatasi berbagai kesenjangan (gaps), baik aspek pemerintahan (government), sektor unggulan (smart branding), sarpras kehidupan (smart living), layanan sosial (smart society), lingkungan hidup (enviromental). Di bidang infrastruktur, Dinputaru memiliki peran strategis terutama dalam penanganan jalan, jembatan, tutupan lahan, dan RTH di wilayah perkotaan. (am)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *