Menu Close

MANFAAT SERTIFIKAT KEAHLIAN KERJA (SKA)

Bagi para pelaku dunia kontruksi, tentu sudah terbiasa dengan sebutan SKA, SKA adalah singkatan dari sertifikat keahlian kerja yang dikeluarkan/issued oleh lembaga pengembangan jasa konstruksi (LPJK). Menurut amanat Undang-Undang No 2 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi dan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sejalan dengan Peraturan Pemerintah No 79 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah No 3 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai.

Pekerjaan pengawasan konstruksi lapangan disebut Pengawasan Preventif yaitu meminimalkan kesalahan yang ada di lapangan sehingga dapat mengakibatkan pembongkaran dan pengulangan pekerjaan yang tidak perlu karena kesalahan gambar ataupun mutu pekerjaan yang tidak memenuhi ketentuan. Lingkup tugas pengawas adalah memberikan layanan keahlian kepada owner (Pemberi Tugas) dan Tim Pengelola Teknis dalam melaksanakan tugas-tugas koordinasidan pengendalian seluruh kegiatan teknis pembangunan tahap pelaksanaan konstruksi dan masa pemeliharaan, baik yang menyangkut aspek manajemen maupun teknologi.

Agar tujuan yang diamanatkan tercapai maka Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Demak yang membidangi tentang pekerjaan umum  dan penataan ruang Kabupaten Demak melaksanakan pelatihan teknis sertifikasi pengawas jalan, jembatan dan irigasi bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga honorer, pelatihan dan uji kompetensi ini diikuti oleh 30 peserta.

Setelah lulus mereka mendapat sertifikat keahlian. Untuk itu, mereka mengikuti bimbingan teknis dan uji kompetensi pengawas jalan, jembatan dan irigasi, yang dilaksanakan diKantor Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Demak, hari Senin tanggal 19 Agustus 2019.‘’Bimbingan teknis dan uji kompetensi pengawas jalan, jembatan dan irigasitelahdiadakan tiap tahun, tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan pendapatan dari pegawai dengan mendapatkan honor pengawasan’’ ujar Kepala Dinputaru Drs. Dhoso Purnomo didampingi Sekretaris Dinputaru Amir Mahmud, S.Sos, MT di sela-sela membuka pelatihan dan menyaksikan tes wawancara serta ujian praktik peserta bimbingan teknis dan uji kompetensi pengawas jalan, jembatan dan irigasi di ruang pertemuan Dinputaru Kabupaten Demak.Dalam uji kompetensi juga menggandeng Balai Jasa Kontruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Yakni Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Jawa Tengah. Ty_uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *