Menu Close

SURVEI PEMBANGUNAN TALUD DESA KOTAKAN KEC. KARANGANYAR

Gbr 1. Pelaksana survei talud desa Kotakan bersama perangkat desa

Desa Kotakan adalah terletak di ujung utara wilayah kecamatan Karanganyar perbatasan dengan desa Gempol Songo kecamatan Mijen kabupaten Demak. Sedangkan talud desa Kotakan terletak pada ruas jalan Kotakan – Bremi yang dalam SK termasuk ruas jalan Bina Marga Kabupaten Demak

Latar belakang dilaksanakan survei untuk Pembangunan Talud Desa Kotakan Kec. Karanganyar adalah pengalihan lokasi kegiatan pembangunan talud Desa Kotakan oleh Bina Marga Kabupaten Demak yang rencananya terletak di bagian sebelah utara desa, namun karena pada lokasi tersebut telah terbangun talud yang merupakan kegiatan dari dana desa, maka dilakukan survei ulang, agar kegiatan fisik talud tersebut dapat segera dilaksanakan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online, survei/sur·vei/ n adalah teknik riset dengan memberi batas yang jelas atas data; penyelidikan; peninjauan. Sedangkan Dinding penahan tanah (talud) adalah bangunan yang berguna untuk memperbesar tingkat kestabilan tanah.

Fungsi talud yang utama ialah untuk menahan tanah yang terletak di belakangnya, melindungi kondisi tanah di depannya, dan mencegah timbulnya bahaya longsor. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti berat tanah, berat benda, dan berat air yang terlampau berlebih. Sedangkan kegunaan talud secara khusus antara lain sebagai pelindung area tebing, pemelihara sarana dan prasarana, serta pemanfaatan ruang dari suatu pembangunan.

Dengan demikian Survei Pembangunan Talud Desa Kotakan Kec. Karanganyar ini merupakan kegiatan peninjauan baik lokasi, bentuk tanah, keadaan lingkungan dan kebutuhan bentuk perencanaan talud pada ruas jalan Bina Marga yang terletak di Desa Kotakan Kecamatan Karanganyar.

Kegiatan Pembangunan Talud Desa Kotakan Kec. Karanganyar sendiri merupakan kegiatan yang didanai oleh APBD Kabupaten Demak tahun 2019.

Survei Pembangunan Talud Desa Kotakan Kec. Karanganyar dilakukan pada bulan juli 2019 oleh pihak perencana dari bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Demak, didampingi oleh perangkat desa termasuk kepala desa meninjau lokasi yang diajukan oleh desa untuk menerima kegiatan Pembangunan Talud Desa Kotakan Kec. Karanganyar APBD Kabupaten Demak tahun 2019.

Data yang ditinjau di lokasi adalah, data keadaan tanah, lebar rencana jalan, ketinggian jalan, dan jenis talud yang sudah terbangun (jika ada).

Dalam survei keadaan tanah, kondisi yang diperhatikan adalah jenis tanah yang ada di lokasi untuk menyesuaikan besaran talud yang akan direncanakan sehingga mampu menopang daya dukung tanah terhadap jalan.

Kemudian tim melakukan tinjauan terhadap kondisi eksisting jalan, yaitu mengukur lebar rencana jalan dan ketinggian sisi jalan untuk menentukan ketinggian talud yang nanti akan direncanakan. Pengukuran lebar jalan dilakukan dari bentang rencana jalan ditambah rencana berm/bahu jalan dari titik  nol talud sisi kiri hingga sisi kanan rencana jalan.

Gbr 2. Pengukuran lebar jalan desa Kotakan

Sedangkan pengukuran tinggi talud dilakukan dari ketinggian muka tanah dari rencana jalan hingga muka tanah di bawahnya, dengan perhitungan galian yang aman untuk talud jalan.

Pengukuran dilakukan dengan cara menarik sudut siku terhadap rencana permukaan jalan dengan meteran dan setelah sejajar dengan demikian ketinggian talud dari bawah hingga permukaan dapat terbaca dengan benar. Pengambilan data ketinggian dilakukan setiap 50 meter.

Gbr 3. Pengukuran tinggi talud jalan desa Kotakan

Setelah kegiatan Survei Pembangunan Talud Desa Kotakan Kec. Karanganyar, data yang dihasilkan kemudian digunakan untuk merencakan talud yang akan dikerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *