Menu Close

SOSIALISASI PENINGKATAN JALAN MENUJU TPA BERAHAN KULON KECAMATAN WEDUNG

Menurut Tribun Jateng, Minggu, 30 Juni 2019, Pemerintah Kabupaten Demak tengah membangun tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Desa Berahan Kulon, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Dengan demikian akses jalan menuju tempat pembuangan akhir (TPA) tersebut nantinya akan ditingkatkan untuk menunjang kegiatan keluar masuk armada dari dank e TPA.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Demak khususnya Bidang Bina Marga yang nantinya akan melaksanakan kegiatan Peningkatan Jalan Menuju TPA Berahan Kulon Kecamatan Wedung ini kemudian mengadakan sosialisasi kepada masyarakat tentang rencana dibangunnya jalan tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online, sosialisasi/so·si·a·li·sa·si adalah upaya memasyarakatkan sesuatu sehingga menjadi dikenal, dipahami, dihayati oleh masyarakat; pemasyarakatan. Sedangkan TPA adalah singkatan dari Tempat Pemrosesan Akhir yaitu tempat untuk memroses dan mengembalikan sampah ke media lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan.

Sosialisasi Peningkatan Jalan Menuju TPA Berahan Kulon Kecamatan Wedung merupakan upaya memasyarakatkan kegiatan Peningkatan Jalan Menuju TPA Berahan Kulon dengan berbahan limbah batu bara (fly-ash) sehingga masyarakat dapat memahami apa, dimana, kapan dan bagaimana kegiatan pembangunan jalan itu dilaksanakan.

Sosialisasi Peningkatan Jalan Menuju TPA Berahan Kulon Kecamatan Wedung dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2019 di Ruang Pertemuan Kantor Balai Desa Bungo Kecamatan Wedung.

Kegiatan ini dihadiri oleh dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup, aparat TNI/POLRI setempat, Perangkat Desa dan masyarakat yang  dalam hal ini termasuk dalam 3 desa yang terlewati jalan menuju TPA yaitu Desa Berahan Kulon Kecamatan Wedung, Berahan Wetan Kecamatan Wedung dan Desa Bungo Kecamatan Wedung.

Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Jalan Menuju TPA Berahan Kulon Kecamatan Wedung dimulai pukul 09.00, dengan susunan acara:

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia raya
  3. Sambutan
  4. Acara inti (Sosialisasi)
  5. Doa (Penutup)

Dalam Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Jalan Menuju TPA Berahan Kulon Kecamatan Wedung, narasumber mengemukakan tentang teknis pelaksanaan dari pembangunan jalan yang nantinya akan menggunakan teknologi baru yaitu beton dari limbah batu bara (fly-ash). Diharapkan Jalan beton sepanjang 3,2 kilometer dengan ketebalan 20 cm, lebar 5,5 meter dan kualitas K350 itu akan menjadi satu-satunya jalan yang ramah lingkungan di Kabupaten Demak. Nantinya akses jalan yang dibeton akan mempermudah warga dalam mengangkut hasil bumi, pertanian, maupun hasil tambak.

Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (Dinputaru) Kabupaten Demak, Sularno mengatakan jalan beton dengan batu bara memiliki kekuatan yang sama dengan beton pada umumnya. Bahkan, dari aspek biaya lebih murah sekitar 20% dari biaya beton biasa.

Pada sosialisasi dikemukakan juga bahwa jika limbah itu tidak kita manfaatkan, kondisi yang ada batu bara itu sudah sangat memprihatinkan karena batubara dikategorikan B3 membuat orang – orang beracun.

Fly ash sendiri merupakan satu bahan tambah (additive) yang cukup populer saat ini untuk digunakan sebagai pengganti sebagian semen dalam campuran beton

Fly ash adalah bahan limbah dari pembakaran batu bara, yang dikategorikan sebagai limbah B3 (PP No. 85 tahun 1999 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun).(AR-BM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *