Menu Close

SOSIALISASI PROGRAM PERCEPATAN PENINGKATAN TATA GUNA AIR IRIGASI (P3-TGAI)

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi selanjutnya disingkat P3-TGAI adalah program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air, Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air.Program dibuat untuk mendukung program ketahanan pangan nasional dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi secara partisipatif.

Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Pemali Juana melaksanakan Sosialisasi Kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI). Kegiatan di lakukan pada hari Kamis, 1 Agustus 2019 Bertempat di Gedung B. Lt. 2 Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana. Dalam kegiatan tersebut turut mengundang perwakilan dari Kabupaten Semarang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Demak, serta turut diundang pula Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) untuk masing-masing Kabupaten.

Kabupaten Demak merupakan lokasi dari kegiatan P3-TGAI yakni bertempat di Desa Tlogorejo Kecamatan Karangawendan di Desa Mangunan Lor Kecamatan Kebonagung. Kegiatan sosialisasi P3-TGAI ini sudah tahap III pada Tahun Anggaran 2019. Dimana kegiatan akan dilakukan pada bulan Agustus 2019. Dalam melaksanakan kegiatan P3-TGAI meliputi tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Kegiatan P3-TGAI bermaksud untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhan dan berdasarkan prinsip kemandirian. Dimana dapat meningkatkan kinerja layanan irigasi kecil, irigasi desa, dan irigasi tersier. (–PSDA_OP_SN–)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *